Sejarah dan Alamat Makam Keramat Sunan Kudus

Sejarah Dan Makam Keramat Sunan Kudus - Siapa yang tidak kenal dengan Sunan Kudus...?? Yapss..!! beliau adalah salah satu tokoh Wali Songo yang ikut membantu menyebarkan dan memperkenalkan agama Islam. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas sejarah dan makam keramat sunan kudus, nama asli Sunan Kudus adalah Sayyid Ja'far Shadiq Azmatkhan beliau adalah putra dari Sunan Ngudung,

Sunan Kudus lahir di palestina pada tanggal 9 september 1400 M. perjalanan Sunan Kudus ke jawa di sebabkan oleh kakeknya (ayah dari Sunan Ngudung) yang bernama Sayyid Fadhal Ali Murtazha yang berhijrah sampai ke jawa hingga ke demak, sesampainya di demak beliau di angkat menjadi jendral perang. Penasaran cerita lengkapnya seperti apa.? ok guys kita simak bersama yuk ulasan cerita Sunan Kudus di bawah ini..
Sejarah Dan Makam Keramat Sunan Kudus
Gambar Sunan Kudus Dan Masjid Kudus

1. Silsilah Sunan Kudus
Sebelumnya saya akan sedikit bercerita tentang Sunan Kudus menjadi panglima perang.. Sunan Ngudung adalah anak dari Sayyid Fadhal Ali Murtazha, pada suatu ketika ayah Sunan Ngudung itu meninggal mungkin karna umur atau karna penyebab lain dan pengganti posisi menjadi Panglima adalah Sunan Ngudung, Sunan Ngudung juga orang yang sangat sakti, beliau sering berperang melawan kerajaan asing dan sulit untuk di kalahkan karna kecerdasanya dalam berperang, namun na'as pada hari apesnya atau hari sialnya, Sunan Ngudung berangkat berperang dan meninggal di tengah-tengah peperangan.
Sejarah Dan Makam Keramat Sunan Kudus
Gambar Sunan Kudus

Setelah Sunan Ngudung meninggal, pengganti posisi menjadi panglima Kerajaan di turunkan ke putranya yang bernama Sunan Kudus, pemilihan panglima ini tidak sembarangan, panglima yang di pilih adalah orang yang bijaksana, pintar, bertanggung jawab, dan tentunya sudah banyak yang mengusulkan bahwa Sunan Kudus pantas menjadi panglima.

Pada saat menjadi panglima Sunan Kudus mempunyai reputasi yang sangat baik, setiap prajurit yang di pimpin beliau melawan medan perang selalu menang dan tak pernah kalah, ternyata ilmu dan kepintaran Sunan Kudus menjadi panglima di dapat dari hasil belajar dengan ayahnya, bahkan ia juga pernah berguru dengan Sunan Ampel, itulah sebabnya Sunan Kudus selalu menang dalam peperangan dan mempunyai reputasi baik.

Dari kemenangan demi kemenangan yang Sunan Kudus dapat dari hasil memimpin di medan perang, sampai beliau mampu memperluas kerajaan demak hingga ke madura dan cirebon, tentu tidak mudah untuk memperluas kerajaan sampai sejauh itu. senjata Sunan Kudus tang terkenal adalah kotak ajaib yang dapat mengeluarkan ribuan lebah dari kotak tersebut dan menyerang mungsuh.

Tidak hanya kotak ajaib yang terkenal di kalangan masyarakat, jubah yang di kenakan Sunan Kudus juga sangant terkenal kesaktiannya, jubah itu selalu di kenakan saat berada di medan perang, konon Sunan kudus mendapatkan jubah itu dari hasil perguruanya dengan Sunan Ampel.

2. Keluarnya Sunan Kudus Dari Kerajaan
Setelah Sunan Kudus berhasil memperluas kerajaan,karena jiwa petualang yang tinggi dan jiwa sosialnya yang kuat, mendorongnya untuk keluar dari kerajaan dan memperkenalkan agama islam kepada masyarakat luar yang belum mengenal islam.
Sejarah Dan Makam Keramat Sunan Kudus
Iilustrasi Gambar Suasana Kerajaan Demak

Setelah lama berjalan dan mencari pemukiman dengan tujuan memperkenalkan agama Islam pada masyarakat, akhirnya Sunan Kudus tiba di pemukiman warga yang dimana tempat itu bernama Tajug, selama proses perkanalan islam kepada masyarakat Tajug, ternyata ada sebagian masyarakat kecil yang sudah masuk islam.

Mengerti ada sekumpulan kecil yang ber agama islam Sunan Kudus akhirnya bergabung bersama mereka dan memperkenalkan masyarakat lain yang belum mengerti islam, karena proses Sunan Kudus dalam memperkanalkan Islam di bantu dengan sedikit orang, beliau akhirnya membangun sebuah Masjid di Tajug untuk aktifitas solat berjamaah masyarakat sekitar. dan Masjid itu di namakan QudSs yang lama-lama berubah menjadi Kudus.

Sunan Kudus juga selalu mengadakan acara Qurban sapi setiap tahunya untuk memperingati hari idul adha, dan membagi dagingnya untuk warga-warga Tajug, namun masyarakat sekitar yang belum mengenal islam (ber agama hindu), mereka memprotes dengan lantang bahwa sapi tidak boleh di buat qurban dan tidak boleh di makan, wajar saja penganut agama hindu sangat menghormati sapi.

Butuh waktu lama untuk meyakinkan mereka bahwa agama islam itu benar dan lurus, namun dengan keluesan Sunan Kudus berdakwah di hadapan masyarakat, membuat masyarakat sekitar tersentuh hatinya dan satu per satu dari mereka bersedia masuk islam tanpa ada pertengkaran.

3. Cara Sunan Kudus Mengenalkan Islam Ke Agama Budha
Sesudah Sunan Kudus memasukan masyarakat hindu ke agama islam, beliau juga memasukan masyarakat yang yang beragama budha untuk masuk ke dalam agama islam, cara Sunan Kudus memasukan masyarakat budha adalah dengan cara yang sangat unik, yaitu dengan cara membuat padasan tembat wudhu yang berbaris delapan, dan masing-masing di beri archa kepala kebo di atasnya, Sunan Kudus mendapat ide ini dari adat kepercayaan mereka penganut agama budha.
Sejarah Dan Makam Keramat Sunan Kudus
Iilustrasi Orang Budha Masuk Agama Islam

Keyakinan budha dalam agama mereka adalah harus meghayati agama dengan benar, hidup dengan cara benar, berpengetahuan benar, keputusan benar, beribadah dengan benar, dan masih banyak lagi ketentuan dan keyakinan agama budha, namun usaha Sunan Kudus sanggat membuahkan hasil, masyarakat budha satu per satu mulai bersedia masuk Islam dan mempelajari agama islam.

.4. Cerita Sumber Lain Tentang Sunan Kudus
Ada sumber lain yang menceritakan tentang kesaktian Sunan Kudus, saat itu beliau sedang berkunjung ke mekkah, dan di sana sedang terkena musibah berupa wabah penyakit yang di derita masyarakat mekkah dan sulit disembuhkan. kala itu sang Raja sedang mengadakan sayembara barang siapa yang mampu menghilangkan wabah penyakit tersebut akan di berikan hadiah, sudah banyak orang yang mencoba namun tak seorangpun mampu mengatasi wabah tersebut.
Sejarah Dan Makam Keramat Sunan Kudus
Gmbar Mekkah

Melihat hal itu membuat hati Sunan Kudus tersentuh dan ingin mencoba mengobat wabah penyakit masyarakat mekkah, beliau mengunjungi Raja dengan niatnya tersebut namun sang Raja mengangap remeh Sunan Kudus, Raja berucap " para ulama yang terkenal saja tidak bisa mengatasih wabah penyakit dengan do'a, rituan dll, apalagi kamu orang baru" sambil meremehkan Sunan Kudus.

Sunan Kudus menjawab "wahai raja mereka tidak bisa menyembuhkan karna hati mereka tidak ikhlas, mereka hanya fokus pada hadiah yang anda tawarkan, bukan pada kesembuhan rakyat-rakyat yang menderita terkena wabah penyakit.) tanpa basa basi sang Raja langsung meminta bukti bahwa Sunan Kudus mampu mengatasi wabah penyakit yang menyerang kota Mekkah.

Perdebatan itu sangat heboh dan membuat suasana hening sekejap, lalu Sunan Kudus menerima tantangan raja dengan berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia tidak akan menerima hadiah dari raja dan hanya meminta kesembuhan pada rakyat-rakyat yang menderita penyakit, setelah Sunan Kudus selesai berdo'a, dengan sekejab wabah penyakit itu hilang bahkan orang yang sedang sakit parah di dekatnya langsung seketika sembuh total.

Raja sangat terkagum-kagum dengan kehebatan Sunan Kudus yang dengan sekejap bisa menghilangkan wabah penyakit yang sudah berlarut-larut di derita rakyatnya, karna mengakui kehebatan Sunan Kudus, sang raja memberi hadiah pada Sunan Kudus Dan beliau menolak karna sudah berjanji tidak akan menerimanya, semenjak itulah nama sunan kudus menjadi mulia dan terkenang di kota mekkah.

5. Wafat Dan Tempat Makam Sunan Kudus
Sejarah Dan Makam Keramat Sunan Kudus
Suasana Tempat Makam Sunan Kudus

Setelah mengembara mengenalkan agama islam dan mengajarkan Islam kepada masyarakat yang belum kenal, dari rakyat hindu bundha dan rakyat lainya yang belum mengenal agama Islam hingga satu per satu dari mereka bersedia masuk agama Islam, bahkan sampai ke kota mekkah dengan meninggalkan kesan yang sangat baik dan bijaksana, akhirnya Sunan Kudus menerima ajalnya, waktu itu saat Sunan Kudus menjadi imam solat subuh di Masjid Agung Kudus dan meninggal dalam keadaan sujud. dan beliau dimakamkan di dekat Masjid Kudus tepatnya di : Jalan Simpang Tujuh No.15 Kauman, Kota Kudus.
Sejarah Dan Makam Keramat Sunan Kudus
Suasana Dari Luar Makam Keramat Sunan Kudus dari Luar

Nahh.. itulah tadi ulasan tentang Sejarah Dan Makam Keramat Sunan Kudus. pada kesempatan berikutnya kami akan menceritakan makam keramat Wali Songo lainya dan juga makam keramat lainya. jangan beranjak dulu..! jika anda menyukai sejarah ini silakan share pada teman-teman anda, akhir penutupan terimakasih kurang lebihnya saya mohon maaf..,, bye.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah dan Alamat Makam Keramat Sunan Kudus"

Post a Comment